Header Ads

Pengumuman
recent

5 Tips Sukses Ujian TOEFL



Bahasa inggris sudah menjadi kebutuhan, apalagi bagi kalian yang hendak melebarkan sayap ke dunia internasional, entah itu soal pendidikan, pekerjaan, atau pun hanya sekedar jalan - jalan ke luar negeri. Salah satu hal penting bagi kalian yang hendak kuliah atau kerja di uar negeri, ada baiknya mengikuti tes yang sudah tersohor ini; TOEFL. Merupakan tes kemampuan bahasa inggris secara general, artinya yakni semua materi bahasa inggris diujikan di sini. Mulai dari reading, listening, grammar, bahkan versi terbaru TOEFL (iBT TOEFL) menggunakan aspek speaking dan writing juga. TOEFL menjadi salah satu syarat penting untuk berbagai keperluan. Misalnya, sebagai syarat masuk kuliah, beasiswa, atau mendaftar kerja.

Sebelum mengikuti TOEFL, sebaiknya kalian melakukan berbagai persiapan, seperti misalnya belajar. Ya, tentu saja belajar bahasa inggris baik secara umum maupun detil akan sangat membantu kalian dalam mengerjakan soal TOEFL. Konon katanya, tes TOEFL sangat sulit, apalagi iBT TOEFL yang biayanyapun mencapai jutaan rupiah, sayang sekali jika nilai kita gagal mencapai target. Oleh karena itu, berikut ini aku akan jelaskan 5 tips sukses untuk ujian TOEFL. Selamat mencoba guys ^_^

1. Mempelajari Ilmu Bahasa Inggris secara General


Seperti yang sudah aku jelasin sebelumnya bahwa TOEFL merupakan tes bahasa inggris dengan materi general. Bukan seperti tes bahasa inggris di SMA yang memiliki materi khusus yang diujikan. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes TOEFL, hal yang paling wajib kalian lakukan adalah mempelajari bahasa inggris mulai dari dasar. Mulai dari alphabet sampai syntax, dan memmpelajari vocabulary, grammar, phrase, clause, dan lain sebagainya.
Bagi kalian yang merasa kemampuan bahasa inggrisnya masih kurang, latihan setiap hari adalah terbaik. Namun, jika ada partner atau guru yang bisa mengajari kalian bahasa inggris akan lebih baik lagi. Misalnya seperti mengikuti kursus bahasa inggris di kampung inggris. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tau apa itu Kampung Inggris Pare, pusat belajar bahasa inggris yang menyediakan berbagai jenis dan level kursus inggris, termasuk juga TOEFL Preparation. Dengan mengikuti kursus di kampung inggris, kamu dapat memperoleh pengalaman belajar bahasa inggris terbaik dan efektif. So,, let's try this now guys.. !!

2. Mengenali Tes TOEFL



Agar kalian bisa mengerjakan soal TOEFL dengan baik, cobalah untuk mencari tau seperti apa jenis soal-soal TOEFL, penilaiannya, jumlah soalnya, berapa skor yang kita butuhkan, bagaimana cara mendaftar TOEFL, serta biaya dan tempat ujian TOEFL. Dengan mengetahui seluk beluk TOEFL, kita akan dapat lebih paham strategi menghadapinya. Bagaimana cara kita dapat mengenali tes TOEFL? Tentu saja bisa dengan cara kita mencari info sebanyak-banyaknya tentang TOEFL. Kita bisa mencarinya di website, buku TOEFL, atau mencari tau dari orang-orang yang sudah lebih dahulu pernah mengikuti TOEFL.

3. Manajemen Waktu Belajar
Belajar dari jauh - jauh hari, bahkan untuk dibiasakan sedari kecil akan lebih bagus lagi. Karena semakin lama kalian belajar dan latihan, maka kemampuan english kalian akan semakin matang dan semakin siap untuk menghadapi ujian TOEFL. Penting untuk diperhatikan bagi kalian yaitu jangan belajar mendadak sebelum tes atau bisa dibilang KEJAR TAYANG, karena bahasa tidak seperti matematika yang sifatnya ilmiah, namun bahasa membutuhkan waktu panjang sampai kita dapat benar - benar menggunakannya sebagai sebuah alat komunikasi. So, manage waktu belajar kalian agar bisa memenuhi kebutuhan skor TOEFL sesuai yang kalian targetkan.

4. Mengetahui Tujuan Mengikuti TOEFL



Coba tanya pada diri kalian sendiri, untuk apa kalian mengikuti TOEFL? Hal ini akan menjadi faktor penting kesuksesan pada ujian TOEFL kalian. Beberapa orang yang hanya "iseng-iseng” tes TOEFL, maka belajarnya pun hanya akan iseng-iseng dan hasilnya juga tidak maksimal. Namun jika kalia tau untuk apa kalian mengikuti ujian TOEFL, kalian akan lebih semangat. Misalnya, ingin kuliah di Amerika, kalian akan menempel foto-foto negara  Amerika di kamar dan di depan meja belajar kalian sebagai pemacu semangat belajar.

5. Bertanya Pengalaman Tes TOEFL Orang Lain


Bertanya pada orang yang sudah pernah tes TOEFL terlebih dulu juga bisa menjadi tips penting. Kamu dapat mendengarkan cerita pengalaman bagaimana mereka yang sudah pernah tes, seperti apa rasanya saat ujian TOEFL berlangsung, tips hal teknis apa saat ujian, bagaimana caranya bisa mendapatkan skor tinggi, atau sebaliknya kira-kira apa evaluasi yang perlu dilakukan saat mendapat skor rendah.
 


 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.