Header Ads

Pengumuman
recent

Cara Menghitung Nilai Ujian TOEFL PBT.


Untuk kalian guys yang ingin mengikuti ujian TOEFL PBT ( Paper Based Test ), ada baiknya kalau kalian memahami cara menghitung nilainya, sehingga kalian bisa lebih mengantisipasi sesuai dengan target nilai yang kalian inginkan. Nilai ujian TOEFL PBT dihitung dengan menggunakan sistem perhitungan konversi. Sistem perhitungan konversi yang aku maksud disini yaitu setiap jawaban kalian yang benar memiliki nilai tertentu. Misalnya satu jawaban benar memiliki nilai 20 poin, sedangkan dua jawaban benar memiliki nilai 21 poin,  dan untuk tiga jawaban kalian yang benar bernilai 23 poin, dan begitupun seterusnya. Nilai jawaban benar kalian untuk ujian TOEFL PBT dapat kalian dilihat di tabel konversi nilai ujian TOEFL PBT. Setelah nilai pada masing - masing bagian sudah kalian temukan, selanjutnya kalian jumlahkan, lalu kemudian kalian bagi tiga, lalu kalian kalikan dengan sepuluh. Akhirnya akan kalian dapat nilai ujian TOEFL PBT antara 220 sebagai nilai terendah sampai 677 sebagai nilai tertinggi. Itulah nilai ujian TOEFL kalian guys.

Langkah pertama, koreksi terlebih dahulu jawaban yang telah kalian buat dan hitung berapa jawaban yang benar. Lalu, cocokkan jumlah jawaban yang benar tersebut dengan nilai yang ada pada tabel konversi. Misalnya ada 38 jawaban yang benar pada bagian listening comprehension, 33 jawaban benar pada bagian structure and written expression, dan 41 jawaban benar pada bagian reading comprehension. Kemudian, cocokkan ketiga angka jawaban benar tersebut dengan nilai yang ada pada tabel konversi nilai TOEFL PBT berikut ini :





1. Listening Comprehension : 38 jawaban benar => 56 poin
2. Structure and Written Expression : 33 jawaban benar => 57 poin
3. Reading Comprehension : 41 jawaban benar => 56 poin

Selanjutnya, hitunglah nilai konversi tersebut dengan cara berikut ini :
1. Tambahkan ketiga nilai yang telah dikonversi
   56 + 57 + 56 = 169 poin
2. Bagilah jumlah nilai tersebut dengan 3 (tiga)
   169 : 3 = 56.3
3. Kalikan hasil tadi dengan 10 (sepuluh)
  56.3 x 10 = 563
Maaka nilai ujian TOEFL PBT kaalian adalah 563 guys..

Dari tabel konversi nilai ujian TOEFL PBT di atas, kita bisa lihat jika dikonversikan nilai terendah / minimum nilai TOEFL PBT adalah 217 apabila kita tidak mampu menjawab satu pun pertanyaan dengan benar. Dan untuk nilai tertinggi / maksimum nilai TOEFL PBT adalah 677.

Akan tetapi, dalam ujian TOEFL PBT yang berkepentingan untuk mengukur standar tingkat atau level kemampuan penguasaan bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh suatu lembaga atau pihak - pihak tertentu yang membutuhkan sertifikat TOEFL PBT, ada 4 tingkatan level nilai yang diakui dengan nilai minumum poin 310, yaitu sebagai berikut guys :
1. 310 - 420 = tingkat dasar ( elementary level )
2. 420 - 480 = tingkat menengah bawah ( low intermediate level )
3. 480 - 520 = tingkat menengah atas ( high intermediate level )
4. 525 - 677 = tingkat mahir ( advance level )

Biasanya, nilai TOEFL standar yang dibutuhkan untuk tes CPNS dan kuliah pascasarjana berkisar antara tingkat menengah bawah dan atas. Sedangkan, untuk kepentingan sekolah ke luar negeri dibutuhkan nilai TOEFL tingkat mahir (advance), tapi ada juga yang dapat menerima nilai TOEFL tingkat menengah atas. Namun hal ini bisa saja berubah sesuai aturan atau kebijakan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek ulang skor TOEFL yang mereka butuhkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.