Header Ads

Pengumuman
recent

Jenis Tes PBT (Paper Based Test) Masih Sering Dipakai Dalam Melaksanakan Tes TOEFL


Kecanggihan teknologi mengakibatkan banyak sekali perubahan dalam segala hal, seperti dalam pelaksanaan tes TOEFL seperti CBT atau Computer Based Test dimana dalam proses pelaksanaan tes menggunakan perangkat komputer, sehingga yang perlu kalian lakukan hanyalah mengklik jawaban yang benar dan dalam beberapa waktu bisa langsung mengetahui jumlah score atau nilai yang didapat.

Pelaksanaan tes tersebut memang sangat efisien dalam melaksanakan suatu tes, namun terkadang masih menjadi kendala dalam penyediaan fasilitas yang cukup memadai. Oleh karena itu, secara umum jenis tes PBT atau Paper Based Test masih menjadi pilihan dalam melaksanakan tes TOEFL. 

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan oleh suatu sekolah atau instansi lain kenapa masih menggunakan PBT dalam melaksanakan tes kemampuan bahasa inggris, diantaranya adala :

     1. Keterbatasan fasilitas


F   asilitas sangat menentukan hasil output yang diberikan kepada para peserta atau pelajar. Sering kali permasalahan yang terjadi adalah jumlah peserta yang ada melebihi fasilitas yang tersedia di kelas, sehingga menyebabkan pelaksanaan tes TOEFL menjadi kurang efektif dan efisien.  Belum lagi ada beberapa komputer yang rusak ataupun error karena kesalahan dalam penggunaan komputer, dan masih banyak hal-hal lain yang bersifat teknis namun menjadi permasalahan yang harus segera diselesaikan solusinya.

S  elain itu, ukuran ruangan yang tidak terlalu besar juga menjadi permasalahan dalam melaksanakan tes TOEFL secara bersama-sama.

      2. Dibutuhkan teknisi khusus


     Melihat keadaan atau permasalahan yang terjadi pada saat teknis pelaksanaan tes TOEFL, teknisi khusus melayani permasalahan kendala tersebut di atas harus selalu standby, khawatir terjadi permasalahan pada saat pelaksanaan tes TOEFL dan memastikan agar pelaksanaan tes tersebut berjalan dengan lancar.

     3. Para peserta yang kurang berpengalaman dalam menggunakan computer

 
    Dari beberapa permasalahan di atas, yang menjadi pertimbangan adalah bagi peserta yang kurang memahami tentang komputer, sehingga pihak penyelenggara tes kemampuan bahasa inggris tersebut harus mendampingi peserta tersebut.

   Selain beberapa kendala di atas, tes dengan menggunakan PBT masih sering digunakan juga lebih dikarenakan baik pihak penyelenggara tes kemampuan bahasa inggris tersebut maupun para peserta yang ikut dalam tes masih terbiasa dengan jenis tes tersebut, karena beberapa tes atau ujian yang diselenggarakan di sekolah pun masih bersifat PBT. 

     Proses yang dilakukan menggunakan PBT yaitu menggunakan pensil ukuran yang telah ditentukan umumnya menggunakan pensil ukuran 2B karena ketebalan dan proses penghitaman lebih bagus dari pensil lainnya. Langkah yang harus dilakukan adalah menghitamkan salah satu jawaban yang benar pada tiap-tiap soal yang ada. Memang akan memakan waktu dalam menghitamkan salah satu jawaban yang benar, namun ada beberapa keuntungan menggunakan tes PBT.

    Keuntungan menggunakan tes PBT adalah kita masih bisa memperbaiki ataupun mengkoreksi kesalahan apabila kita kurang yakin dalam menjawab salah satu soal yang ada. Selain itu, kita dapat memilah soal secara acak dimulai dari soal yang mudah dikerjakan terlebih dahulu, baru kemudian menjawab soal-soal yang sulit dikerjakan. Proses melewatkan  atau skip soal-soal yang sulit lebih mudah dilakukan daripada menggunakan tes CBT yaitu menggunakan komputer, lalu kemudian kembali ke soal yang telah dilewatkan setelah menjawab soal berikutnya.

     Keuntungan lainnya adalah kalau terpaksa kita harus mengganti lembar jawaban akibat rusak, hal tersebut masih bisa dimungkinkan dengan catatan waktu yang dibutuhkan masih lama.

    Yang pastinya dalam menjawab soal tes kemampuan bahasa inggris, diperlukan konsentrasi, persiapan yang cukup dan kelengkapan alat tulis berupa pensil 2b, penghapus dan alat serut dan alat tulis lain yang dibutuhkan dalam melaksanakan tes menggunakan Paper Based Test (PBT) atau lebih dikenal dengan tes menggunakan lembar jawaban, agar proses tes tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.