Header Ads

Pengumuman
recent

Pemahaman Dasar TOEFL



Hi Guys, hope you’re always fine yah. Anyway, pada kesempatan kali ini saya mau coba kasih pemahaman dasar tentang TOEFL. Alright guys, pasti diantara kalian sudah tahu kan apa sih TOEFL itu? Okay, untuk kalian yang belum tahu, TOEFL adalah sebuah kepanjangan atau dalam Bahasa Inggrisnya adalah sebuah abbreviation dari Test Of English as the Foreign Language. Wah wah, pasti ada yang bingung ya? Jadi, dalam Bahasa sederhananya, TOEFL itu adalah sebuah test Bahasa asing yang mengukur kemampuan atau kecakapan kamu dalam berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Jenis test ini adalah sebuah model pengujian Bahasa Inggris bagi kalian yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Pengantar sehari-hari. Pada umumnya sih, TOEFL lebih terorientasi kepada American English, dan berbeda dengan jenis IELTS yang lebih berorientasi kepada British English. Just FYI, TOEFL ini dibuat oleh sebuah lembaga di New Jersey, di negara Paman Sam (Amerika Serikat) yang mana pada awalnya bernama ETS (Educational Testing Service), dan sudah ada dari tahun 1963 guys!!

Jadi, Adapun tujuan dari test ini adalah untuk  mengukur kecakapan (proficiency) berbahasa Inggris seseorang dalam konteks akademis. For your information, hampir di semua universitas di luar negeri, terutama negara - negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari - hari seperti di Amerika dan Kanada menjadikan TOEFL sebagai persyaratan masuk kuliah bagi para calon mahasiswa baik Strata-1 (S1), Strata-2 (S2), maupun Strata-3 (S3). Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu persyaratan test untuk penerimaan tenaga kerja yang baru atau kenaikan jenjang karir.

Hingga saat ini TOEFL sudah mengalami 3 pergantian format sejak pertama kalinya dibuat 47 tahun yang lalu. Selain perubahan secara format, TOEFL juga sudah mengalami perubahan yang sangat berbeda di segi hasil/ nilai, seperti yang terlihat berikut ini:
• Di Tahun 1964 – 1998 TOEFL pada umumnya diselenggarakan dengan cara Paper Based Test (PBT), apa sih Paper Based Test itu? Jadi TOEFL Test seperi ini diselenggarakan dengan menggunakan kertas yang sudah disediakan oleh penyelenggara, adapun kertas yang akan kalian dapatkan itu adalah lembar jawaban dan pertanyaan.
• Pada Tahun 1998 – 2005 ETS merilis sebuah system terbaru dari TOEFL yang dinamakan TOEFL Computer Based Test (CBT). Berbeda dengan TOEFL PBT tadi, test TOEFL yang akan kalian lakukan dikerjakan langsung pada perangkat lunak yang sudah terpasang didalam sebuah unit computer, jadi kalian tidak lagi menggunakan yang namanya lembar jawaban dan pertanyaan seperti test sebelumnya.
• di tahun berikutnya, tepatnya di Tahun 2005 – Sekarang TOEFL Internet Based Test
Test TOEFL iBT format baru ini merupakan suatu alat bahasa Inggris yang dapat mengukur keempat keterampilan berbahasa (Listening, Reading, Speaking dan Writing) secara objektif, valid dan terfokus bagi mereka yang mengikuti tes TOEFL ini.

Buat kalian yang mau mengikuti test TOEFL, kalian harus tahu kalau ada empat bagian yang akan diujikan dalam pelaksanaan Tes TOEFL / Scoring TOEFL berikut ini :

1. Listening Comprehension



Bagian ini untuk menguji kemampuan peserta tes dalam menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang dilakukan dalam bahasa Inggris. Jadi di dalam sesi ini, kalian akan mendengar sebuah percakapan yang akan dilakukan pada umumnya dua orang dari situasi berbeda, nah, di sesi listening inipun aka nada 3 jenis percakapan yang berbeda, yang dinamakan , Short Dialogue, Long Dialogue, dan Narration.

2. Structure and Written Expression.
 

Bagian ini digunakan untuk mengetahui kemampuan gramatical peserta test, termasuk di dalamnya adalah gaya-gaya bahasa tulis dalam bahasa Inggris. Kalian diharuskan untuk bisa milih jawaban yang paling benar buat melengkapi kalimat, dan juga ada satu bagian yang mana kalian harus mencari kesalahan atau error di sebuah kalimat.


3.  Reading Comprehension.


Pada sesi ini, kalian akan berhadapan pada beberapa tulisan, bisa jadi itu adalah sebuah artikel, cerpen, atau berita, nah, di sesi ini, kalian akan diminta untuk membaca, dan memilih jawaban yang tepat yang merujuk pada bacaan tadi, kisi – kisi aja ya nih guys, untuk di sesi ini, kalian lebih baik kuasai Kosakata Bahasa inggris (Vocabulary), persamaan kata (Synonym), lawan kata (Antonym), dan juga kata ganti (Pronouns).

4. Test of English Written (TWE). 

Nah di bagian ini, biasanya kalian akan diberikan sebuah topik yang kalian harus tulis dan terangkan, di bagian ini sangat disarankan kalian harus mempunyai grammar dan structure yang baik dalam penulisan, karena as you know, dalam TOEFL Test grammar adalah sebuah point yang cukup penting guys, FYI,  Skala penilaiannya pada sesi ini berkisar dari 1-6.

Nah, itulah beberapa pemahaman dasar tentang TOEFL Test, semoga info ini berguna buat kalian yang mau mengikuti test tersebut, Good Luck and tetap semangat guys!!




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.