Header Ads

Pengumuman
recent

Tips Persiapan sebelum Menjalankan Ujian TOEFL



Bingung mau ujian TOEFL ? Takut hasilnya gak memuaskan ? Don’t worry guys.. Untuk kalian yang akan menjalankan ujian TOEFL, aku mau kasih tips hal – hal yang perlu kalian persiapkan sebelum menjalankan ujian TOEFL. Apa aja sih persiapannya ? check this out..

 
1. Sebaiknya kalian meluangkan waktu untuk membaca minimal lima kalimat setiap hari. 
 
Mungkin hal ini terkesan sederhana, namun sesungguhnya ini akan sangat berpengaruh untuk membantu kalian dalam menjalankan ujian TOEFL. Kalian bisa melakukan pendekatan secara Fungsional dan Kategorik. Pendekatan Fungsional dengan cara mengetahui susanan subyek, predikat, obyek, pelengkap dan keterangan yang tersusun menjadi sebuah kalimat. Sedangkan Pendekatan Kategorik dengan cara mengidentifikasi kata mana yang berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, preposisi, kata sambung, dan sebagainya dalam sebuah kalimat. Dengan cara ini, kalian akan lebih mudah memahami pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah kalimat sehingga akan mempermudah anda dalam menjalankan ujian Reading Comprehension atau pemaknaan arti kalimat. Dengan cara ini juga mampu meningkatkan pengetahuan Gramatical kalian, sehingga lebih mudah untuk menjawab soal-soal dalam ujian Structure and Written Expression.  
 
2. Belajar TOEFL melalui hal – hal yang menyenangkan.


Kalian bisa mulai belajar melalui hal – hal yang kalian senangi seperti nonton film dan mendengarkan musik berbahasa inggris. Dengan fokus mendengarkan suara serta membaca lirik dan terjemahannya akan melatih Listening dan Pronunciation kalian guys. 

3. Pahami tentang pola – pola tertentu dan pasti dalam ujian TOEFL.



Maka dari itu selain mempersenjatai diri kalian dengan kemampuan -kemampuan dasar (BASIC) dalam bahasa Inggris seperti misalnya Grammar, Writting, Listening, Speaking, Pronunciation, dan sebagainya, sebaiknya kalian juga mengenal pola - pola kompetensi yang diujikan dalam ujian TOEFL. Melalui kursus - kursus secara per-parsial atau per-bagian secara detail dan kompleks. Perlu kalian ingat juga bahwa bahasa Inggris merupakan satu kalimat dengan bagian yang terangkai, yang mana masing – masing dari kata - katanya saling berkaitan dan tidak dapat terpisah dari salah satu pola dasar penyusunnya.  

4. Pahami bentuk – bentuk perintah ( direction ) yang terdapat di dalam ujian TOEFL. 


Dikarenakan TOEFL memiliki pola kompetensi yang baku, maka kalian dianjurkan untuk dapat mengenal secara familiar terhadap bentuk - bentuk perintah ( direction ) dalam ujian TOEFL. Dengan menjadikan diri kalian terbiasa dengan bentuk - bentuk perintah yang terdapat di dalam soal - soal ujian TOEFL. Dengan begitu maka kekhawatiran kalian akan ujian TOEFL akan terminimalisir, sehingga kalian dapat lebih lebih berkonsentrasi pada soal-soal yang diujikan saat menjalankan ujian TOEFL. 

5. Belajar Bahasa merupakan sebuah proses yang memerlukan waktu. 


Belajar Bahasa bukanlah sesuatu yang dapat diperoleh dengan instan, yang bisa dicapai dengan sekali waktu. Belajar Bahasa membutuhkan proses yang panjang dan bertahap. So,, kalian tidak boleh berhenti ketika telah berkali-kali menempuh ujian TOEFL dan belum mendapatkan nilai TOEFL sesuai yang diinginkan. Belajar Bahasa Inggris secara tekun dan konsisten adalah kunci utama agar kalian bisa berhasil mendapatkan nilai TOEFL yang memuaskan. Ulangi dan ulangi hingga kalian berhasil, dan gak ada salahnya kalau kalian menjadikan Bahasa Inggris sebagai kebiasaan kalian. 

Sekian tips persiapkan sebelum menjalankan ujian TOEFL yang bisa aku share ke kalian, semoga bermanfaat ya guys..

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.